4 Tips Mengolah Sayuran Agar Vitamin Tidak Hilang

@vemale

Resepmasakankhas.com – Sayuran dikenal memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Tidak heran bahwa banyak orang yang gemar mengonsumsi sayuran. Salah satu cara untuk menikmati sayuran adalah dengan memasaknya atau mengolahnya terlebih dahulu.

Tapi tak jarang juga sayuran biasanya disantap mentah-mentah atau dijadikan sebagai lalapan. Tapi tahukah anda bahwa selain memberikan tambahan manfaat ternyata memasak sayuran yang tidak tepat dapat merugikan atau mengurangi kandungan manfaat pada sayuran tersebut loh.

Lalu bagaimana caranya mengolah sayuran agar kandungan nutrisinya tidak hilang? Berikut saya berikan tips nya kepada kalian agar dapat mengolah sayur dengan benar.

4 Tips Mengolah Sayuran Dengan Benar

@vemale

1. Cuci Sayuran Menggunakan Air Mengalir

Sebelum memasak sayuran, kita harus mencucinya terlebih dahulu agar kotoran-kotoran maupun pestisida yang terdapat pada sayuran dapat hilang. Namun sebaiknya cucilah sayuran pada air yang mengalir dan jangan pernah merendam sayuran. Mengapa demikian? Karena saat kita merendam sayuran itu akan membuat kandungan nutrisi seperti vitamin C akan hilang, sebab vitamin C rentan terhadap panas, air maupun udara.

2. Potong Sayuran Besar-besar

Untuk sayuran yang mengandung vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin C sebaiknya potonglah dalam bentuk yang besar-besar atau kalian juga bisa memasaknya tanpa dipotong/dalam bentuk yang utuh. Karena semakin kecil potongan maka akan semakin banyak nutrisi yang hilang saat proses pemasakan. Jadi sebaiknya potonglah dalam bentuk yang besar-besar agar tidak banyak nutrisi yg terbuang.

3. Perhatikan Waktu Dan Suhu Saat Memasak

Waktu memasak yang terlalu lama, suhu yang terlalu tinggi serta air yg terlalu banyak membuat nutrisi yang ada pada sayuran semakin cepat menghilang. Oleh karena itu sebaiknya masaklah dengan air yang sedikit saja agar semakin banyak nutrisi yang bisa dipertahankan.

4.  Metode Memasak Sayuran

Ada 4 pilihan metode dalam mengolah sayuran yang bisa anda pakai yaitu:

– Menumis Sayuran

Menumis sayuran dilakukan dengan cara menambahkan sedikit minyak pada sayuran yang akan diolah. Lebih baik menggunakan minyak zaitun untuk menumis sayuran. Metode memasak seperti ini dapat mempertahankan kandungan-kandungan vitamin dan mineral pada sayuran serta rasa dan warna pada sayuran. Sayuran yang cocok dimasak dengan cara ditumis seperti asparagus, paprika,bawang maupun jamur

– Memanggang Sayuran

Ternyata sayuran bisa diolah dengan cara dipanggang juga loh. Caranya yaitu sayuran diberi minyak dahulu sebelum dipanggang lalu panggang di dalam oven maupun diatas kompor sampai warnanya berubah dan teksturnya renyah. Jenis sayuran yang bisa dipanggang yaitu asparagus, labu, wortel, dan lain-lain.

– Merebus Sayuran

Metode ini merupakan metode yang sering digunakan untuk memasak sayuran. Karena metode ini tergolong cara yang mudah dan cepat dilakukan. Caranya yaitu rebuslah air sampai benar-benar mendidih lalu masukkan sayuran ke dalamnya. Sayuran yang biasanya direbus diantaranya yaitu kacang, bit, kentang, dan lain-lain.

– Mengukus Sayuran

Metode ini merupakan metode yang paling baik dalam memasak sayuran. Mengukus dapat mempertahankan kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran lebih banyak daripada dengan menggunakan metode memasak lainnya. Sayuran yang sebaiknya dikukus adalah kembang kol, bayam, brokoli, dan lain sebagainya.

Jadi memasak sayuran juga harus memperhatikan cara-caran yang benar agar kandungan-kandungan vitamin yang terdapat dalam sayuran tidak berkurang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*